PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT VI

DOSEN AGROTEKNOLOGI FST-ULB MENGIKUTI SEMINAR NASIONAL HASIL
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT VI

 

Fakultas Pertanian USU menggelar Seminar Nasional Hasil Pengabdian Pada Masyarakat VI dalam Rangka  Dies Natalis ke 63 Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Rabu (13/11), yang diselenggarakan di Ruang Seminar DH Penny Fakultas Pertanian USU. Adapun Tema Acara “Pemberdayaan Masyarakat yang Berkelanjutan Melalui Inovasi Ipteks” ini dibuka oleh Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat USU Prof. Tulus, Vor.Dipl.Math., M.Si., Ph.D. Dalam kesempatan ini turut hadir, Wakil Dekan III Fakultas Pertanian USU Dr Ir Tavi Supriana, MS, dan Ketua Panitia Prof Dr. Ir. Elisa Julianti, M.Si. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah, Melalui seminar hasil-hasil pengabdian ini, akademisi dari perguruan tinggi dapat menyebarluaskan informasi tentang Aplikasi Inovasi Ipteks melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat, Menjadi wadah bagi akademisidari perguruan tinggi untuk saling tukar menukar informasi mengenaipemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan melalui inovasi Ipteks.

Hadir Mewakili Dari Universitas Labuhanbatu (ULB)  Fakultas Sains dan Teknologi Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr dan Hilwa Walida, SP.,M.Si Untuk Mengikuti Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat VI di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Seminar ini menghadirkan narasumber dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta,  Dr. R. Wisnu Nurcahyo (Reviewer PPM DRPM Dikti) dan dari Universitas Sumatera Utara, Prof Tulus, Vor Dipl Math, M Si, Ph D (Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat). Seminar ini dihadiri. Wakil Dekan III Fakultas Pertanian USU Dr Ir Tavi Supriana, MS, menyampaikan bahwa seminar nasional sudah menjadi  agenda tetap fakultas dalam menyambut Dies Natalis Fakultas Pertanian  USU, yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penulisan jurnal ilmiah. Selain itu, ia juga menyampaikan ada tiga poin kinerja wakil dekan III fakultas pertanian dalam pengabdian masyarakat, yaitu; adanya 2 jurnal yang segera mendapatkan Sinta sebagai wadah untuk hasil-hasil penelitian pengabdian dosen USU, seminar nasional yang sudah dilaksanakan selama 2 tahun dan International Conference yang sudah memasuki pelaksanaan tahun ke-3. Ketua Panitia Prof Dr. Ir. Elisa Julianti, M.Si, menyampaikan bahwa jumlah paper yang ikut serta dalam kegiatan ini mengalami peningkatan dari hanya 30 paper pada awalnya hingga saat ini berjumlah 63 paper. Paper tersebut merupakan hasil dari pengabdian masyarakat yang didanai oleh dana talenta LPPM USU. Semua fakultas di USU ikut serta dalam kegiatan ini. Tidak hanya berasal dari internal USU namun peserta juga berasal dari PTN/PTS di luar USU.

Lebih Lanjut Makalah yang dipresentasikan oleh Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr dalam kegiatan pengabdian ini merupakan penyuluhan yang dilakukan dengan sistem ceramah dan diskusi dengan peserta yang berasal dari masyarakat dengan materi tentang Pengembangan Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr) Untuk Ketahanan Pangan dan Energi Sehingga Permintaan produk produk yang dihasilkan dari tanaman ini akan selalu meningkat sejalan dengan perkembangan pembangunan  karena Tanaman aren dapat dengan mudah beradaptasi pada berbagai tipe tanah yang diusahakan untuk komoditas pertanian termasuk tanah marginal, selain itu tanaman ini berfungsi untuk konservasi tanah dan air. Sebagian besar pertanaman aren belum menerapkan inovasi teknologi yang ada. Sehingga adanya diseminasi teknologi akan membawa dampak bukan hanya produktivitas dan pendapatan petani, tetapi berkembangnya diversifikasi hasil yang member kesempatan usaha dan lapangan kerja bagi banyak orang.

Prof. Tulus, Vor.Dipl.Math., M.Si., Ph.D juga mengapresiasi dan menyampaikan rasa salutnya pada Fakultas Pertanian USU karena telah melaksanakan kegiatan ini hingga tahun ke-6. Beliau juga berterimakasih kepada semua peserta yang sudah memberikan sumbangsih untuk mendukung kegiatan pengabdian masyarakat.

 

*** Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *