Raudhatul Uluum Aek Nabara Mengikuti UKK

Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raudhatul Uluum Aek Nabara,Kecamatan Bilah Hulu,Kabupaten Labuhanbatu yang tengah mengikuti Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan dan menjadi standar kompetensi lulusan.

UKK dilakukan pada tanggal 03 Maret 2020 dengan menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi sesuai dengan kurikulum SMK yang telah diterapkan selama ini.UKK juga diharapkan dapat mengukur dan menilai performansi dari para siswa dan siswi SMK Raudhatul Uluum tersebut, terutama dari aspek Pengetahuan,Keterampilan dan Sikap (PKS).

Menariknya,penguji UKK tersebut berasal dari dalam (internal) dan luar SMK Raudhatul Uluum (eksternal).Penguji internal adalah guru produktif yang relevan dengan pengalaman mengajar dan memiliki pengalaman kerja/magang di dunia usaha/industri.

Sedangkan penguji eksternal berasal dari dunia usaha/industri/asosiasi profesi/institusi pasangan yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang akan diujikan.

Tak hanya itu,penguji harus memiliki sertifikat kompetensi atau institusi/dinas terkait di kabupaten setempat.Untuk tahun ini yang bertugas menjadi penguji eksternal adalah Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dari Universitas Labuhanbatu (ULB) yaitu Ibu Novilda Elizabeth Mustamu,S.Pt, M.Si dan dosen aktif di jurusan Agroteknologi dari Universitas Labuhanbatu (ULB) yaitu Ibu Yusmaidar Sepriani,S.Pd,M.Si.

Para siswa dan siswi SMK Raudhatul Uluum sangat antusias dan semangat mengikuti UKK tersebut. Adapun materi yang diujikan diantaranya meliputi bidang agribisnis tanaman perkebunan ,hortikultura dan alat mesin pertanian (alsintan). Untuk materi komoditi perkebunan sawit dan kakao yang menjadi mata pelajaran khusus pada sekolah SMK Raudhatul uluum. Sedangkan alsintan siswa-siswi diwajibkan harus mampu mengoperasikannya.

UKK dapat menjadi salah satu faktor pendukung lahirnya generasi millennial yang memiliki kompetensi tinggi. ”Kami berharap siswa-siswi SMK Raudhatul Uluum dapat bergabung dengan kami di Universitas Labuhanbatu (ULB) Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Agroteknologi,” ungkap Ibu Novilda. Salam generasi millennial.

 

*** Yusmaidar Sepriani, S.Pd, M.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *