Kampus Mengajar oleh Widya Lestari, S.Si, M.Si

Kampus mengajar merupaka salah satu program lanjutan dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program kampus mengajar ini di buat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta mahasiswa semester 5 ke atas di perguruan tinggi negeri dan swasta untuk ikut mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) selama satu semester.Program Kampus Mengajar, pemerintah menjanjikan bantuan uang kuliah hingga Rp2,4 juta dan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat melakukan konversi matakuliah yang diambil pada semester genap ini sebanyak 12 sks. Dosen Pendamping Lapangan juga memperoleh insentif, setelah  melaksanakan approval pada laporan kegiatan kampus mengajar  yang dibuat oleh mahasiswa yang diisi pada sistem SPADA kampus mengajar.

Pendaftaran program dibuka mulai 9-21 Februari 2021 melalui laman Kampus Mengajar Kemendikbud. Jika dinyatakan lolos, mahasiswa akan mengikuti pembekalan selama 15-21 Maret 2021.

Mahasiswa dari kampus Universitas Labuhanbatu telah mengikuti seleksi untuk kampus mengajar ini, 114 mahasiswa telah dinyatakan lulus. Mahasiswa yang lulus berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi (Prodi Agroteknologi), Fakultas Ekonomi (Prodi Manajemen), Fakultas FKIP (Prodi Biologi, Prodi PKN dan Prodi Matematika), Fakultas Hukum (Prodi Hukum)

Foto Penyerahan Mahasiswa Ke Dinas Pendidikan Labuhanbatu
bersama Bapak Arisandi Ritonga.
Senin, 22 Maret 2021

Foto Penyerahan Mahasiswa Ke Dinas Pendidikan Labuhanbatu Utara
Senin, 22 Maret 2021

Foto Penyerahan Mahasiswa Ke Dinas Pendidikan Labuhanbatu Utara
Senin, 22 Maret 2021

Selain mahasiswa universitas Labuhanbatu, dosen juga mengikuti kegiatan seleksi menjadi Dosen Pendamping Lapangan untuk kegiatan Kampus Mengajar. Sejumlah 24 Dosen Universitas Labuhanbatu berhasil lulus sebagai Dosen Pendamping Lapangan pada kegiatan kampus mengajar.

Adapun Dosen yang berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Agroteknologi yaitu:

  1. Widya Lestari, S.Si, M.Si NIDN (0116068801)
  2. Khairul Rizal S.TP, M.Si NIDN (0107088506)
  3. Kamsia Dorliana Sitanggang S.Pd, M.Si NIDN (0108088501)

Sementara kegiatan mengajar berlangsung selama 22 Maret-25 Juni 2021. Mahasiswa akan mengajar selama 6 jam per hari di SD berakreditasi C di daerah 3T yang masih berlokasi dekat domisili mahasiswa pengajar.

Saya Widya Lestari, M.Si selaku Dosen Pendamping Lapangan Kampus Mengajar mendapat tugas dan tanggungjawab pada 3 Sekolah SDN yang terletak di 3 Kabupaten yaitu SDN 16 Bilah Hilir (Kab. Labuhanbatu), SDN 112317 Tubiran (Kab. Labuhanbatu Utara) dan SDN 114619 Kota Pinang (Kab. Labuhanbatu Selatan).

SDN 16 BILAH HILIR

SDN 112317 TUBIRAN

SDN 114619 Kota Pinang

Motto dari Kegiatan Ini : YOK BISA YOK….
Salam Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Indonesia Maju.
Kami Siap Mengabdi Untuk Negeri.
Melalui Terlaksananya Kegiatan Kampus Mengajar.
SEMANGAT YOK BISA YOK…….

 

Ditulis Oleh: Widya Lestari, S,Si,M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *