IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM PADA PROGRAM MAGANG/PKL PRODI AGROTEKNOLOGI

IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA PROGRAM MAGANG/PRAKTIK KERJA PRODI AGROTEKNOLOGI FAK.SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS LABUHANBATU

 

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka adalah “Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi”. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi. Kebijakan tersebut patut didukung dan dimplementasikan pada program studi Agroteknologi Fakultas Sain dan Teknologi Program studi Agroteknologi Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Labuhanbatu.

Sebagai amanat dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka tersebut untuk semester Genap ini T.A 2020/2021 prodi agroteknologi telah mengimplementasikan pada program Magang/Praktik Kerja yaitu sebanyak 3 orang diantaranya a.n. Wiwit Arif Mahardika, Syamsol Bahri, Muhammad Safrijal Hasibuan dan mereka ditempatkan di PT. Perkebunan Supra Matra Abadi (SMA) Kebun Aek Nabara. kegiatan tersebut merupakan realisasi dari Nota Kesepahaman Bersama yang tertuang dalam Memorandum Of Agreement (MoA) nomor : 255/EST-KAN/EXT/09/2020 perihal tentang Implementasi Kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2020.

Dalam implementasikan kegiatan program Magang/Praktik Kerja prodi agroteknologi telah memfasilitasi kegiatan ini mulai dari Pembekalan, Pemberian Perlengkapan berupa (Baju Seragam, Topi, Buku Panduan, Namtage, dan Plakat) sampai pada proses pengantaran ke kebun. Pembekalan sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 09 april 2021 sekaligus penyerahan perlengkapan sedangkan pengantaran ke lokasi tempat Magang telah dilaksanakan pada tanggal 10 april 2021 langsung di antar oleh Bapak Yudi Triyanto, SP.,M.Si selaku Ketua Program Studi Agroteknologi dan Bapak Khairul Rizal, S.TP.,M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan proses pangantaran tersebut di sambut oleh Bapak Trisabakti, selaku Kepala Tata Usaha (KTU) Kebun PT. Supra Matra Abadi (SMA) Kebun Aek Nabara dan telah disambut dan diterima dengan baik.

Proses kegiatan Magang Praktik kerja ini dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2021 s.d 12 Juli 2021 (selama 4 bulan) (jadwal tentative), dan pada akhir kegiatan tersebut nantinya mereka akan mendapatkan konversi nilai sebesar 20 sks pada semester genap dengan catatan sebagai out-put nya adalah laporan akhir dari kegiatan Magang ini, sehingga dalam pelaksanaan proses penilaian yang dilakukan oleh Mentor Lapangan dan Dosen Pembimbing Lapangan dapat terselesaikan dengan baik dan benar.

Sumber:
(Yudi Triyanto, SP.,M.Si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *