PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN (PPK) HASIL PETERNAKAN

Lulusan perguruan tinggi memiliki potensi yang besar untuk dipersiapkan menjadi wirausahawan yang unggul, yang tidak hanya akan memandirikan dirinya secara ekonomi kelak, tetapi juga akan turut mengembangkan potensi ekonomi daerah yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi perekonomian negara.

Menurut Dosen Agrotekonologi Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr Mengatakan Program-program pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa dicanangkan oleh pemerintah, sehingga banyak mahasiswa memulai aktivitas usaha sejak masa perkuliahan. Hal Senada Juga disampaikan Ketua Program Studi Agroteknologi Yudi Triyanto, SP.,M.Si bagi mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu, yang banyak berusaha dibidang peternakan. Beberapa jenis usaha antara lain: usaha budidaya ternak terutama ternak Sapi, usaha produksi hasil peternakan, dan usaha pengolahan limbah sisa hasil peternakan. Dalam menjalankan usaha, mahasiswa tersebut banyak menghadapi kendala diantaranya adalah sebagai berikut: kurangnya keterampilan manajemen usaha dan manajemen keuangan.

Saat Melakukan Kunjungan Kelokasi Wirausaha yang dijalankan Oleh Kendy Surya Pratama di Desa Suka Damai Kecamatan Kualah Kabupaten Labuhanbatu Utara ada beberapa kajian yang ditemukan di lokasi wirausaha yaitu Program monitoring ini dilakukan dengan cara mewajibkan membuat laporan sebagai tugas akhir untuk lulus S1. Selama proses pelaksanaan kewirausahaan mahasiswa akan selalu dipantau oleh tim Komisi Pembimbing. Menurut Badrul Aini Dalimunthe, SP.,M.Si yang juga dosen Agrotekonologi  Mengatakan Kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang baik, kurangnya pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi informasi, tidak adanya jejaring usaha dan kurangnya permodalan. Dalam kegiatan program pengembangan kewirausahaan (PPK) ini, mahasiswa diberikan pelatihan dan bimbingan wirausaha sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam berusaha. Perkembangan dunia kewirausahaan saat ini bagi generasi muda tidak terlepas dari peran pengembangan kewirausahaan di dunia pendidikan terutama pendidikan formal di kampus. Peningkatan peran perguruan tinggi dalam mempersiapkan wirausaha pada hakikatnya persiapan kader wirausaha adalah dalam segi penempaan karakter wirausaha.

 

Fitra Syawal Harahap, SP, M. Agr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *