MAHASISWA AGROTEKNOLOGI LAKSANAKAN KUNJUNGAN KE BPTP SUMUT

“Kunjungan Ke BPTP Sumut Mendukung Kegiatan Belajar Mahasiswa Agroteknologi”

 

Dalam rangka kegiatan praktikum mata kuliah analisa tanah dan tanaman mahasiswa Agroteknologi khusus bidang peminatan Ilmu Tanah melaksanakan kegiatan kunjungan laboratorium Tanah dan Pupuk di Balai Pengembangan Teknologi Pertanian Sumatera Utara didampingi oleh Dosen Pengampu mata kuliah Analisa Tanah Tanaman dan Ekologi Tanah Ika Ayu Putri Septyani, S.P., M.P. pada Kamis 28 Juli 2022 di Medan.

Kegiatan kunjungan ini didukung dan disambut baik oleh Kepala Balai Pengembangan Teknologi Pertanian Dr. Khadijah El Ramija, S.Pi., M.P. dan Kepala Laboratorium Pengujian Dr. Siti Maryam, S.P., M.P.  Pada kegiatan penyambutan Kunjungan mahasiswa, Kepala BPTP menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat mendukung kegiatan praktikum mahasiswa dan membuka kesempatan mahasiswa untuk melaksanakan magang ke depan harinya khususnya dalam bidang penelitian ilmu tanah, agronomi, dan pengujian sifat kimia tanah. Setelah kegiatan penyambutan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Universitas Labuhanbatu kepada BPTP Sumut.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi laboratorium pengujian tanah. Mahasiswa melakukan pengamatan alat dan instrumen yang digunakan untuk menganalisa tanah di laboratorium yang telah teruji dan bersertifikat internasional ini. Mahasiswa melakukan pengamatan proses perawatan sampel tanah sebelum digunakan, prinsip kerja analisa kemasaman tanah, tekstur, sifat kimia tanah terutama kandungan nutrisi yang ada di dalam tanah. Laboratorium ini menggunakan instrumen alat yang sudah canggih dan data yang akurat.

Tidak hanya melakukan kunjungan laboratorium, mahasiswa agroteknologi juga dipersilahkan untuk mengunjungi taman agroinovasi BPTP Sumut yaitu mengunjungi koleksi tanaman dan peluang usaha ayam Kampung Unggulan (KUB). Dari kegiatan ini mahasiswa Agroteknologi diharapakan mendapatkan ilmu sebaik dan sebanyak banyaknya khususnya dalam mempersiapkan diri menuju penelitian skripsi dengan menggunakan instrumen alat pengujian sifat tanah di laboratorium, dapat menginterpretasikan data dengan baik dan menarik kesimpulan penelitian. Sehingga dapat berguna dalam bidang pertanian secara akademis dan masyarakat.

 

Redaksi: Ika Ayu Putri Septyani, S.P., M.P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Fakultas Sains dan Teknologi
4 Program Studi Pilihan :
1. Agroteknologi (S1), 2 Sistem Informasi (S1), 3. Teknologi Informasi (S1), 4. Manajemen Informatika (D3)