Dosen FST Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat : Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dan Pembentukan Koperasi pada Rumah UMKM Labuhanbatu Untuk Penguatan Kelompok Rumah UMKM Labuhanbatu

Fakultas Sains dan Teknologi (FST ULB) dan Fakultas Pendidikan dan Keguruan (FKIP) Universitas Labuhanbatu mengadakan Pelatihan Artificial Intelligence (AI) dan Pembentukan Koperasi pada Rumah UMKM Labuhanbatu Untuk Penguatan Kelompok Rumah UMKM Labuhanbatu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk diseminasi teknologi AI di masyarakat.

Tim PKM terdiri dari lima orang yang memiliki peran masing-masing dalam kegiatan ini. Dr.Iwan Purnama,S.Kom.,M.Kom (Dosen Prodi Teknologi Informasi FST ULB), sebagai ketua tim serta memberikan materi pemanfaatan AI untuk Pemasaran Digital. Abdul Karim.MTI (Dosen Prodi Teknologi Informasi FST ULB) dan Hasmi Syahputra Harahap, S.Pd., M.Pd (Dosen Pendidikan Biologi FKIP ULB) yang memperkenalkan Koperasi dan Pembentukan Koperasi Pada Rumah UMKM Labuhanbatu serta melibatkan mahasiswa Teguh Sempurna, Pawa Niassa Marha AS Kegiatan ini didukung oleh Rektor Universitas Labuhanbatu Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, SE, MS.i, Ph.D dan Berkolaborasi dengan Rumah UMKM Labuhanbatu dengan Ketua Bapak Khairul Anwar.

Pelatihan ini diadakan pada 24 September 2024, diikuti lebih dari 30 anggota Rumah UMKM Labuhanbatu serta dibuka oleh Ketua PkM Dr.Iwan Purnama,S.Kom.,M.Kom sekaligus Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Pada kegiatan ini, Iwan Purnama menjelaskan cara memanfaatkan teknologi AI, untuk pembuatan materi Promosi yang lebih inovatif dan menarik untuk produk anggota Rumah UMKM Labuhanbatu.

“Pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi Anggota Rumah UMKM Labuhanbatu dalam memanfaatkan teknologi AI. Kami berharap Anggota Pelaku Usaha Rumah UMKM Labuhanbatu dapat mengaplikasikan AI untuk membuat materi Promosi yang lebih inovatif dan menarik,” ujarnya Iwan Purnama, ketua tim PKM. Abdul Karim dan Hasmi Syaputra menambahkan bahwa Koperasi dapat membantu Anggota Rumah UMKM dalam permodalan untuk kemajuan atau naik kelasnya angota Rumah UMKM untuk Produksi, Pemasaran atau bisa digunakan untuk menghasilkan brand baru/usaha baru.

Pelatihan ini mendapat sambutan positif dari Ketua Rumah UMKM Labuhanbatu dan para peserta. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana AI dapat digunakan dalam konteks pemasaran produk. Salah satu peserta, seorang Pelaku UMKM menjahit, menyatakan bahwa pelatihan ini membuka wawasannya tentang potensi AI dalam membantu membuat materi promosi yang lebih menarik dan efektif. “Saya sekarang lebih memahami bagaimana menggunakan AI untuk membuat bahan promosi yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi calon pembeli,” katanya.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat mendorong kolaborasi antara Universitas dan Kelompok Rumah UMKM Labuhanbatu dalam pengembangan SDM dan Perekonomian Masyarakat Labuhanbatu. “Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk meningkatkan kualitas SDM dan perekonomian di Labuhanbatu,” ujar Ketua Rumah UMKM Labuhanbatu Khairul Anwar.
Pelatihan penerapan AI oleh FST ULB Pasuruan merupakan langkah penting dalam mempersiapkan anggota Rumah UMKM Labuhanbatu untuk menghadapi era digital. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi AI, diharapkan para Anggota Rumah UMKM Labuhanbatu dapat mengoptimalkan penggunaannya dalam proses Pemasaran, sehingga Produk/Jasa yang diproduksi dapat di Order di Seluruh Indonesia dapat terus berkembang dan bersaing di tingkat global, “Inovasi Lokal Menuju Global”.