WEBINAR “Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit”

Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Agroteknologi, Universitas Labuhanbatu melaksanakan WEBINAR dengan Thema Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit. Webinar tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 22 Agustus 2020, pukul 14:00 s/d 16:00 WIB via zoom dan facebook dengan jumlah peserta sebanyak 158 Orang.

Host kegiatan webinar yang juga merupakan Ketua program studi Agroteknologi, Yudi Triyanto, SP.,M.Si membuka acara webinar, beliau mengungkapkan seiring dengan semakin meningkatnya produksi dan proyeksi pasar industri sawit Indonesia yang menjanjikan, pabrik kelapa sawit juga menghasilkan peningkatan volume limbah, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu yang sebagian besar daerahnya memiliki wilayah perkebunan sawit yang cukup luas. Kegiatan webinar dipandu oleh moderator yaitu, Siti Hartati Yusida Saragih, SP.,M.Si yang merupakan dosen Prodi Agroteknologi.

Narasumber pada kegiatan webinar adalah Prof. Dr. Eng.Ir.Irvan.M.Si (Guru Besar Fak.Teknik USU), Prof. Dr.Ir.Abdul Rauf. MP (Guru Besar Ilmu Tanah Fak. Pertanian USU), Syahbela Rusli Siregar, ST (Kepala UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kab. Labuhanbatu) dan Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt.M.Si (Dekan Fak.Sains & Teknologi ULB).

Foto Bersama Panitia Webinar dan Narasumber

Prof. Irvan sebagai narasumber pertama menyampakan materi tentang “Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Menuju Zero Emission”, beliau mengatakan bahwa pemanfaatan POME dapat mengurangi konsentrasi parameter di air limbah dan penggunaan PILOT Plant dalam pembuatan pupuk cair aktif. Narasumber berikutnya adalah Prof. Abdul Rauf juga menyampaikan bahwa limbah pabrik kelapa sawit dapat meningkatan kualitas tanah dan produktivitas tanaman, dalam hal ini yaitu jenis tanah spodosol yang kandungan organiknya semakin meningkat. Pada kesempatan berikutnya Bapak Syahbela yang merupakan Kepala UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kab. Labuhanbatu menyampaikan terkait pengawasan dan pemantauan lingkungan hidup khususnya di Kab. Labuhanbatu. Bapak Syahbela mengatakan bahwa pengelolaan limbah sawit merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjaga kelestarian lingkungan tentunya dengan berdasarkan beberapa aturan-aturan yang telah ditentukan dalam undang-undang, beliau juga mengundang para mahasiswa khususnya mahasiswa di Labuhan batu yang memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian terkait pengelolaan lingkungan hidup. Selanjutnya Ibu Novilda Elizabeth Mustamu menyampaikan materi mengenai Bakteri pelarut Fosfat pada limbah cair kelapa sawit yang bermanfaat dalam meningkatkan kandungan hara dan kesuburan tanaman. Bakteri pelarut fosfat merupakan kelompok mikroorganisme tanah yang mampu melarutkan P yang terfiksasi dalam tanah dan mengubahnya menjadi bentuk yang tersedia sehingga dapat diserap tanaman.

Setelah seluruh narasumber menyampaikan materi, moderator membacakan pertanyaan dari chat room yang disampaikan oleh peserta webinar untuk selanjutnya didiskusikan bersama para narasumber. Pada akhir kegiatan webinar, moderator menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang terlibat serta para peserta yang hadir dan harapannya materi yang disampaikan oleh para narasumber bermanfaat dan menjadi motivasi untuk lebih memahami pengelolaan dan pemanfaatkan limbah dalam hal ini pada limbah kelapa sawit

 

~Siti Hartati Yusida Saragih, SP.,M.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *