PERINGATI HARI TANAH SEDUNIA

PERINGATI HARI TANAH SEDUNIA, PRODI AGROTEKNOLOGI ADAKAN
PAMERAN PRODUK PUPUK DAN SEMINAR LAHAN SUB-OPTIMAL

Tanggal 5 Desember merupakan peringatan hari tanah sedunia (World Soil Day). Perayaan World Soil Day 8 Desember 2021 merupakan perayaan pertama WSD di Universitas Labuhanbatu. Keberadaan Hari Tanah Sedunia diharapkan akan membawa kesadaran civitas akademika di Lingkungan Universitas Labuhanbatu terutama program studi Agroteknologi untuk menjaga kesuburan tanah dengan meningkatkan lahan salin dan meningkatkan produktivitas tanah sesuai dengan Tema World Soil Day “Halt Soil Salinization, Boost Soil Productivity”.

Pada perayaan Hari Tanah Sedunia tahun 2021 ini, Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains Teknologi Universitas Labuhanbatu menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka perayaan Hari Tanah Sedunia tanggal 8 Desember 2021 secara daring maupun luring karena adanya pandemi Covid-19. Dengan mengusung tema “Peningkatan Produktivitas Lahan SubOptimal di Labuhanbatu Raya”. Kegiatan dimulai dari pembukaan Bazar Inovasi mahasiswa, Seminar Nasional dan Lomba Video dan Fotografi seputar Potret Lahan di Labuhanbatu Raya. Disampaikan oleh Prof. Ir. Tengku Sabrina Djunita, M.Agr, Sc. Ph.d selaku Ketua Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) Komisariat Daerah Sumatera Utara bahwa tujuan diselenggarakannya peringatan Hari Tanah Sedunia adalah agar civitas akademika terutama dosen dan mahasiswa mampu mengeksplor segala permasalahan yang ada di lahan sekitar terutama lahan sub-optimal agar dapat diberikan perhatian dan solusi sehingga keanekaragaman hayati tanah dapat terjaga, serta dapat menjadi agen kesehatan tanah yang mendorong berbagai pihak untuk memahami pentingnya kesehatan tanah.

Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Tanah Sedunia pada 8 Desember 2021 Program Studi Agroteknologi melaksanakan pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Agroteknologi, Himpunan Mahasiswa Kewirausahaan, dan Pusat Studi Keilmuan Program Studi Agroteknologi. Kegiatan ini dilantik oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan didampingi Dekan Fakultas Sains Teknologi Universitas Labuhanbatu, dari kegiatan ini Wakil Rektor Kemahasiswaan, Akademik dan Dekan FST mengharapkan mahasiswa mampu menggali potensi di bidang organisasi profesi khususnya pertanian dan mampu mengembangkan kewirausahaan di bidang pertanian.

Rangkaian World Soil Day dilanjutkan dengan pembukaan bazar Inovasi Mahasiswa yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Labuhanbatu Bapak Ade Parlaungan Nasution, S.E.,M.Si., Ph.d dengan pemotongan pita dilanjutkan dengan kunjungan stan. Di pameran inovasi ini, mahasiswa melalui bimbingan dosen Agroteknologi mengadakan pameran profil tanah di Labuhanbatu, produk pupuk organik, kerajinan tangan dari limbah pertanian, stan kreativitas makanan dan minuman serta dilengkapi dengan penampilan foto dan video potret lahan di Labuhanbatu Raya. Bazar ini juga dilengkapi dengan live music yang dibawakan oleh mahasiswa Agroteknologi.

Tidak hanya bazar dan pelantikan, Program Studi Agroteknologi juga mengadakan Seminar Nasional yang mengundang Narasumber dari berbagai keahlian di Bidang Ilmu Tanah, diawali dengan opening speech dari Prof. Ir. Tengku Sabrina Djunita, M.Agr, Sc. Ph.d Ketua HITI Komda Sumut, Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt., M.Si. Dekan FST, dan Ketua Program Studi Ilmu Tanah, Fitra Syawal Harahap, S.P., M.Agr. Seminar ini mengundang tiga narasumber dari ahli Konservasi Tanah Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, M.P., mengusung tema “Manajemen Tanah dan Lahan Marginal Pertanian Serta Perkebunan” dilanjutkan dengan dosen tanah salin di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr. Ir. Wan Arfiani Barus, M.P., mengusung tema “Pemanfaatan Lahan Salin untuk Budidaya Padi” dan dosen Ilmu Tanah Universitas Labuhanbatu Ika Ayu Putri Septyani, S.P., M.P. dengan tema “Optimalisasi Lahan Mineral Masam dengan Pemanfaatan Bahan Organik Limbah Pertanian”. Seminar nasional ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh Stakeholder, pegawai pemerintah, masyarakat dan mahasiswa baik di lingkungan Universitas Labuhanbatu maupun dari Universitas lainnya. Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba Video dan Fotografi oleh mahasiswa. Dari kegiatan ini diharapkan dapat berjalan lagi ke depannya dan mahasiswa lebih berinovasi dalam bidang pertanian, ilmu tanah dan berwirausaha.

Penulis : Ika Ayu Putri Septyani, S.P., M.P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *