HARI TANAH SEDUNIA 2022 PRODI AGROTEKNOLOGI FST-ULB

WEBINAR NASIONAL
HARI TANAH SEDUNIA 2022 PRODI AGROTEKNOLOGI FST-ULB

Webinar Nasional dalam rangka memperingati Hari Tanah Sedunia (World Soil Day) 2022 oleh Prodi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu Hari / Tanggal: Rabu / 07 Desember 2022, Pukul  09.00 wib s/d selesai Dengan Acara: Webinar  Nasional Hari Tanah Sedunia  pada tema : Pengelolaan Ekosistem Lahan Secara Berkelanjutan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional.

Acara di Hadiri Oleh  Rektor Universitas Labuhanbatu  : Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, SE, M.Si.,Ph.D. Sebagai Opening Speech : Ka. Prodi Agroteknologi  Fakultas Sains dan Teknologi : Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi : Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt., M.Si, Ketua HITI Komda Sumut : Prof. T. Sabrina Djunita, M.Agrsc., Ph.D. Dengan Narasumber : Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, MP (Guru Besar Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara), Deno Okalia, SP,.MP (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) , Migusnawati,SP., MP (Program Studi Agroindustri, FMIPA Universitas Negeri Padang) Dan Moderator : Ika Ayu Putri Septyani, SP.,MP. Dalam Sambutanya Ka, Prodi Agroteknologi FST-ULB Mengatakan “Tanah adalah tempat dimulainya makanan! Kita perlu memastikan pengelolaannya yang berkelanjutan sehingga anak-anak kita dan generasi mendatang dapat memperoleh manfaat dari makanan sehat dan layanan ekosistem lain yang disediakannya.”

Pada Tahaun Ini Hari Tanah Sedunia | 5 Desember 2022 Dengan Tema Soils, Where Food Begins Atau Tanah, Di Mana Makanan Dimulai Sehingga Lima Alasan Mengapa #Soils4nutrition Penting

  • 95% Makanan Yang Kita Makan Berasal Dari Tanah;
  • Sekitar 1/3 Dari Tanah Kita Sudah Terdegradasi;
  • Selama 70 Tahun Terakhir, Kadar Vitamin Dan Nutrisi Dalam Makanan Menurun Drastis;
  • Lebih Dari 2 Miliar Orang Terkena Kelaparan Tersembunyi Atau Defisiensi Mikronutrien;
  • Hampir 50% Limbah Rumah Tangga Kita Dapat Dikomposkan Untuk Menyuburkan Tanah Kita.

Adapun Materi yang disampaikan oleh Narasumber : Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, MP :   Pengelolaan Ekosistem Lahan Berkelanjutan Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Deno Okalia, SP,.MP :  Potensi Gulma Kirinyuh dalam Mensubstitusi N dan K Pada Tanaman Jagung (Zea Mays) di Tanah Ultisol Kab Kuantan Singingi, Migusnawati,SP., MP : Potensi  Kulit Singkong dalam Menurunkan Logam Berat Pada Tanah dengan Penggunaan Agrokimia Intensif dan Produksi Tanaman Jagung.

 

By. Fitra Shawal Harahap, S.P., M.Agr