FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI LAKSANAKAN SEMINAR UMUM SOSIALISASI BKD

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI LAKSANAKAN SEMINAR UMUM SOSIALISASI BEBAN KERJA DOSEN (BKD) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN

 

Kamis, 02 Pebruari 2023 Pukul 10:00 wib, Dalam rangka mempersiapkan Beban Kerja Dosen (BKD), Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu mengadakan seminar soalisasi tentang Beban Kerja Dosen (BKD) Dan Implementasinya Dalam Meningktakan Mutu Lulusan terhadap Dosen Tetap Fakultas Sain dan Teknologi yang dilaksanakan di Ruang Seminar Universitas Labuhanbatu pada hari Kamis, 02 Pebruari 2023. Kegiatan  ini dihadiri dan di buka langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Labuhanbatu Bapak Dr. Sriono, SH, M.Kn, Seluruh Dosen tetap Fakultas Sains Dan Teknologi serta pemateri  dari TIM BKD Nasional Oleh Ibu Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc. berasal dari Universitas Negeri Medan.

Kata Sambutan Dekan Fakultas Sains Dan Teknologi Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt., M.Si

Sebelum Kegiatan ini dibuka, dalam sambutannya Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, SPt. M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan ini khususnya pemateri yang sudah datang dari Universitas Negeri Medan, Selanjunya Dekan FST mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk silaturahmi untuk setiap dosen tetap yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi selanjutnya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mendukung kinerja dosen terutama dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat mewujudkan kualitas mutu lulusan Fakultas Sains Dan Teknologi.

Penyampaian Materi Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc.

Kegiatan dilanjutkan oleh pemateri Loka karya yang di sampaikan oleh Ibu Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc. .Pemateri menyampaikan BKD merupakan gambaran beban SKS dosen melaksanakan Tri Dharma dalam satu semester ke depan dengan unsur-unsur utama terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. BKD ini perlu dilaporkan secara periodik untuk mengetahui gambaran kinerja riil dosen melaksanakan Tri Dharma dalam hitungan SKS satu semester terakhir yang sudah dijalani, dimana batas rentang SKS paling sedikit sepadan dengan 12 SKS dan paling banyak 16 SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademiknya. Angka sks yang dilaporkan merupakan nilai maksimum sedangkan nilai akhir ditentukan oleh asesor.

Dalam pengisian laporan BKD terdapat perbedaan antara tahun 2010 dengan tahun 2021 terutama dalam mekanisme pengisian laporan yang di integrasikan melalui SISTER dan dikoreksi secara otomatis sesuai dengan angka kredit yang di tetapkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud. PO BKD 2021 juga menetapkan kewajiban 3 tahun sekali beban kinerja dosen yang di tetapkan berdasarkan jabatan fungsional masing-masing dosen. Setelalah pemaparan materi dilakukan diskusi antar pemateri dengan seluruh dosen di lingkungan Fakultas Sain Dan Teknologi. Dosen FST sangat antusias melakukan sesi diskusi ini karena dosen FST sangat tertarik dengan materi yang berikan oleh narasumber dan dapat berpotensi meningkatkan karir dosen kedepannya.

Setelah sesi tanya jawab selesai Dekan FST memberikan Sertifikat Penghargaan Kepada Narasumber dan di lanjutkan Foto Bersama. Setelah kegiatan ini selesai diharapkan kepada seluruh dosen FST untuk menerapkan apa yang di sampaikan oleh pemateri untuk tercapainya beban kinerja dosen dan dapat di implementasikan dalam meningkatkan mutu lulusan di Fakultas Sains Dan Teknologi.

 

Red : Khairul Rizal, S.TP., M.Si.