PEMBAHASAN TEKNIS RPDAS BATANG GADIS

Bertepat Di Kantor Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Asahan – Barumun di Ruang Rapat Kehutanan BPDASHL Asahan Barumun Jl. Viyata Yudha No. 108, Pematang Siantar 21139 Yaitu Matrik dan Program strategi pencapaian dalam pemutahiran data kondisi DAS Secara Real Time dan Sistem Pengelolaan DAS  dimana Pengukuran Parameter kinerja DAS Secara Periodik yang menunjang kinerja DAS dan Analisis data secara periodek sehingga pihak yang Berperan DAS Asahan Barumun dan Dinas Terkait,LSM dan Masyarakat sekitar hutan di Batang  Gadis dengan penerapan sistem konservasi tanah dan air dan pemanenan air hujan di kawasan pemukiman. Peningkatkan penerapan teknologi tepat guna berbasis lingkungan dimana pendampingan operasonial kelompok tani. Sosialisasi Forum DAS sebagai Lembaga Koordinator Indenpenden dalam pengelolaan DAS ke seluruh Kabupaten/ kota dalam wilayah DAS Batang Gadis.

Guru Besar Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Prof. Abdul Rauf, MP, mengatakan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS tingkat Provinsi yang merupakan  Forum DAS memiliki peranan strategis dalam penyelenggaraan pengelolaan DAS sesuai dengan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu. Forum DAS ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur penetapan kepengurusan baru melalui Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara  di wilayah Sumatera Utara.

Menurut Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr yang juga Kaprodi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu mengatakan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai memang sangat penting saat ini dengan seiring dan semakin menurunnya kemampuan DAS dalam menopang kehidupan. Berbagai kejadian bencana alam selama ini ditengarai merupakan direct impact dari kegagalan para pihak dalam mengelola Daerah Aliran Sungai.

Tentang isu-isu yang muncul dalam pengelolaan hutan dan DAS serta membantu menguraikan uraian permasalahan penelitan (problem statement). Untuk pemerintah informasi tentang sebuah pendekatan yang mungkin saja untu dijadikan model pengelolaan hutan dan DAS di wilayah lain. Replikasi model dipercaya akan mempercepat proses pemulihan DAS dan Hutan di Indonesia.

Karakteristik DAS adalah gambaran spesifik mengenai DAS yang dicirikan oleh parameter yang berkaitan dengan keadaan suatu DAS. Karakteristik Sub DAS Gunggung yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah karakteristik meteorologi/klimatologi, karakteristik morfologi dan karakteristik morfometri sebab Setiap satuan DAS mempunyai karakteristik khusus yang justru menjadi spesifiknya sehingga setiap DAS perlu satu perencanaan tersendiri (one watershed one management plan) tutur Prof Rahmawaty, S.Hut.,M.Si.,Ph.D.,IPU

Dalam paparan yang disampaikan oleh Dr Samsuri Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara tata kelola DAS yang baik merupakan salah satu program periotas, dimana di dalamnya termasuk juga pengurangan risiko bencana, adaptasi perubahan iklim dan konservasi. Banyak masyarakat terdampak yang menjadi perhatian. Sehingga nantinya Forum DAS tidak hanya mengerjakan program emergency response saja, tetapi juga Forum DAS dapat bersinergi dalam menjadikan DAS sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

By: Fitra Syawal Harahap, S.P., M.Agr