ULB Gelar Penutupan KKN & Penyerahan Penghargaan Kelompok & DPL Terbaik

Labuhanbatu – Universitas Labuhanbatu (ULB) melakukan Penutupan masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Penyerahan Penghargaan Kelompok dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terbaik KKN 2023 di Aula Universitas Labuhanbatu, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan KKN tahun 2023 dilaksanakan di 29 Desa, yang terbagi menjadi 4 wilayah yaitu, Kabupaten Labuhanbatu terdiri dari 20 desa, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) terdiri dari 4 desa, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) terdiri dari 3 desa, dan Kabupaten Rokan Hilir terdiri dari 2 desa.

Dr Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt., M.Si Ketua LPPM dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan KKN Universitas Labuhanbatu yang dimulai sejak tanggal 12 September hingga 4 Oktober 2023, dengan jumlah siswa 610 dan dibimbing oleh 58 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta kegiatan monitoring dan evaluasi telah dilaksanakan pada tanggal 19 September selama 2 Minggu ke masing-masing desa oleh tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

“Kami melaporkan bahwa kegiatan KKN tahun ini dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan kondusif. Setelah menjalankan kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan potensinya. Mahasiswa dapat mengasah soft skill kemitraan, kerjasama lintas keilmuan dengan masyarakat, dan menumbuhkan sikap leadership (kepemimpinan) serta berwirausaha,” ucap Novilda.

Ketua LPPM ULB mengatakan, selain meningkatkan skill, tujuan dari KKN antara lain memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimiliki, mengembangkan usaha-usaha UMKM serta membantu mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan sesuai dengan tema yaitu pemberdayaan UMKM dan inovasi desa.

“Oleh karena itu, mahasiswa peserta KKN dapat disebut sebagai Duta kampus yaitu perpanjangan tangan kampus dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Mampu melihat potensi desa mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk meningkatkan potensi dan menjadi desa mandiri. Mahasiswa mampu berkolaborasi menyusun dan membuat rencana pembangunan desa,” ujarnya.

Manfaat KKN bagi Perguruan Tinggi diantaranya memberikan umpan balik tentang ilmu dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat, membentuk jejaring atau mitra strategis dalam pembangunan desa, sebagai wujud sarana pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan menjadi sarana aktualisasi dosen dalam pengembangan ilmu dan teknologi.

“Bagi diri mahasiswa, dapat melakukan program kerja seperti pengembangan UMKM, program kerja yang membantu usaha UMKM memproduksi kripik pisang beraneka rasa, kerupuk tempe atau dodol yang terbuat dari labu kuning dan belimbing wulu. Tujuannya agar Home Industry pengolahan rumahan lebih dikenal oleh masyarakat. Adapun dari segi inovasi desa seperti penguatan potensi wisata. Peran mahasiswa menjadi yang terpenting ketika bisa mengubah dan membentuk potensi wisata yang ada di desa tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti inventarisasi potensi desa wisata, pembuatan peta lokasi, pembentukan masyarakat sadar wisata, pelatihan web bagi masyarakat, pelatihan kebahasaan seperti bahasa inggris bagi masyarakat, dan kegiatan lain mendukung wisata,” pungkas Novilda.

Rektor Universitas Labuhanbatu, Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I Dr. Sriono, S.H.,M.Kn dalam arahannya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN tahun ini. Tentunya banyak yang dilakukan oleh panitia KKN, yang tidak lain tujuan mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang terbaik dan dinyatakan lulus.

“Sesuai laporan kegiatan KKN tahun ini, Alhamdulillah kendala-kendala yang ada dilapangan bisa diatasi, terbukti bahwa hasil semua mahasiswa mendapatkan nilai yang memuaskan,” ucap Sriono.

Wakil Rektor I berpesan kegiatan untuk tahun depan agar lebih banyak kegiatan berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan UMKM dan kegiatan KKN berjalan dengan baik tanpa adanya laporan yang membuat nama kampus tidak baik dimasyarakat tetapi kegiatan berjalan dengan sangat baik dengan banyaknya berbagai kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama KKN berlangsung meskipun waktu yang diberikan termasuk singkat.

Dari hasil penilaian yang dilakukan dilapangan, Pemenang KKN 2023 Universitas Labuhanbatu :

Juara 1 : Desa Pondok Batu.

Juara 2 : Desa Kampung Baru.

Juara 3 : Desa Asam Jawa.

Harapan 1 : Desa Tanjung Sarang Elang.

Harapan 2 : Desa Bandar Tinggi.

Harapan 3 : Kelurahan Negeri Lama.