MAHASISWA AGROTEKNOLOGI PRAKTEK DI LAHAN TERBUKA ULB

Bertempat dilahan terbuka Universitas Labuhanbatu mahasiswa semester III Prodi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu melaksanakan praktikum Bulk Density pada hari Rabu tanggal 09 Nopember 2022 pukul 10.00 WIB – selesai

Tujuan dilakukannya praktikum bulk density ini adalah untuk mengetahui nilai bulk density dari sampel tanah utuh serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bulk density, sedangkan kegunaan dari praktikum bulk density ini adalah sebagai bahan informasi kapasitas bulk density pada tanah sampel karena nilai bulk density dapat menggambarkan adanya lapisan padat pada tanah, pengolahan tanahnya, kandungan bahan organik dan mineral, porositas, daya memegang air, sifat drainase dan kemudahan tanah ditembus akar. Bulk density merupakan petunjuk kepadatan tanah, makin padat suatu tanah makin tinggi bulk density-nya berarti akar tanaman dan air akan semakin sulit untuk menembus tanah. Bulk density penting untuk menghitung kebutuhan pupuk atau air untuk tiap hektar tanah yang didasarkan pada berat tanah per hektar.

Menurut Fitra Syawal Harahap yang juga Ka. Prodi Agroteknologi FST-ULB Mengatakan Bulk density di lapangan tersusun atas tanah-tanah mineral yang umumnya berkisar 1,0 – 1,6 gr/cm3 . Tanah organik memiliki nilai bulk density yang lebih ringan, misalnya dapat mencapai 0,1 – 0,9gr/cm3 pada bahan organik.

Ditambahkan lagi pada praktikum kali ini adalah seharusnya alat yang akan digunakan untuk praktikum telah disiapkan di tempat praktikum agar lebih mengefisiensikan waktu dan praktikan dapat langsung melakukan praktikum tanpa perlu menunggu alat untuk diambil.

 

Fitra Syawal Harahap, S.P., M.Si

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *