Bimtek Kurikulum berbasis OBE bersama APTIKOM Sumut

Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Program Studi Komputer S1 dan D3 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu Ikut Bimtek Kurikulum berbasis OBE bersama APTIKOM Sumut

Rantauprapat – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Labuhanbatu (ULB) mengikuti bimbingan teknis (BIMTEK) penyusunan kurikulum Outcome Based Education (OBE) untuk bidang Informatika dan Ilmu Komputer pada Hari Jumat – Sabtu (17/2 – 18/2) di Hotel Putra Mulia Medan. Kegiatan ini diadakan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Wilayah Sumatera Utara berkolaborasi dengan STMIK Kaputama sebagai Host dan beberapa perguruan tinggi dan organisasi sebagai Co-Host diantaranya IOCSScience, UMI, STIKOM Tunas Bangsa dan ITB Indonesia.

Kegiatan bimtek ini diikuti 7 orang perwakilan dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Labuhanbatu (ULB) yang berasal dari 2 (dua) orang program studi Teknologi Informasi, 2 (dua) orang program studi Sistem Informasi, 2 (dua) orang program studi Manajemen Informatika dan 1 orang Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Labuhanbatu (ULB). Selain itu juga, turut hadir 87 peserta lainnya yang berasal dari 33 perguruan tinggi negeri dan swasta di Wilayah Sumatera utara.

Pemaparan materi bimtek diberikan oleh Prihandoko, M.IT, Ph.D yang merupakan Ketua Forum Program Studi APTIKOM secara jelas dan sistematis dengan dilengkapi contoh yang mudah dipahami oleh setiap peserta bimtek. Selepas pemaparan materi, peserta diminta untuk melakukan praktek langsung penyusunan kurikulum bidang Informatika dengan didampingi fasilitator bimtek, Dr. Erwin Budi Setiawan, S.Si., M.T. dan Dr. Iman Marzuki Shofi, S.Si., M.T.. Setelah praktek penyusunan kurikulum OBE ini yang dilakukan pada hari pertama hingga pukul 21.00 WIB, kegiatan hari kedua adalah presentasi kemajuan pengerjaan penyusunan kurikulum berbasis OBE tersebut. Terdapat 3 perwakilan peserta yang mempresentasikan hasil penyusunan kurikulum tersebut, yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Methodist Indonesia, dan Universtas Medan Area.

Fakultas Sain dan Teknologi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada APTIKOM Wilayah SUMUT yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini. Semoga dengan kurikulum OBE diharapkan mampu mengubah pendidikan bidang komputer pada Universitas Labuhanbatu menjadi lebih baik sehingga mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kemampuan hard skill tetapi juga softskill yang unggul di nasional dan internasional.

 

Red.
Dr. Iwan Purnama, S.Kom., M.Kom