Pentingnya LAM PTIP Dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pertanian

Prodi Agroteknologi FST-ULB Menghadiri Pentingnya LAM PTIP Dalam  Menjamin Mutu Pendidikan Pertanian

 

Fakultas Pertanian UNS bekerja sama dengan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) menyelenggarakan Pra Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) secara luring.

Hadir dalam Lokakarya  Ketua Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu Fitra Syawal Harahap, SP.,M.Agr dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, SPt.,M.Si . Pra Lokakarya Nasional Pra Lokakarya Nasional di awali dengan pembahasan LAM Pertanian. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng., selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa forum ini penting untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kemajuan perguruan tinggi pertanian di Indonesia. Sudah sangat lama tidak dapat berkumpul untuk melakukan berbagai kegiatan karena pandemi. Sehingga momen yang berharga ini untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kamis, 19 Mei 2022 bertempat di ruang Indraprasta UNS INN.

Agenda Pra Lokakarya Nasional adalah pembahasan LAM Pertanian oleh Tim LAM yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., selaku ketua tim penyusun LAM Pertanian. Beliau menyatakan bahwa pembentukan LAM Perguruan Tinggi Ilmu-Ilmu Pertanian (LAM-PTIP) dirasa perlu untuk dilaksanakan. Tujuan dari LAM-PTIP sendiri antara lain menjadi Lembaga akreditasi mandiri professional dalam membantu dalam membantu pemerintah menjamin mutu proses Pendidikan tinggi dalam bidang ilmu-ilmu pertanian dan lulusan yang kompeten dan berkualitas tinggi, menjadi Lembaga akreditasi mandiri bidang pertanian yang akuntabel dan terpercaya oleh semua para pemangku kepentingan pertanian dan mendapat pengakuan nasional maupun internasional terhadap akreditasi LAM-PTIP melalui kerja sama dengan Lembaga akreditasi internasional bidang pertanian atau sebidang.

Hal-hal penting lain yang beliau sampaikan antara lain Peta Jalan Pembentukan, Sistem Tata Kelola, Ruang Lingkup dan Pendanaan. Pada akhir penyampaian beliau mengatakan bahwa makna keseluruhan dari LAM-PTIP yaitu komitmen menjaga kualitas Pendidikan dan pengembangan ilmu dan teknologi  yang berbasis sumber daya hayati meliputi ilmu pertanian dalam arti luas (agrokompleks).

Pra Lokakarya Nasional  FKPTPI dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. beliau mengatakan bahwa forum ini penting untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kemajuan perguruan tinggi pertanian di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa ke depannya agar acara dan program-program FKPTPI dapat terlaksana dengan baik.

 

Red.
Fitra Syawal Harahap, S.P, M.Agr